Jalinan Kolaborasi Internasional antara SMKN 2 Banda Aceh dengan Kolej Vokasional Setapak, Malaysia

Oleh Waka. Humas


Dipublish : Jum 03 Mei 2024 07:49:20 WIB




Banda Aceh - 3 May 2024. Dalam mewujudkan visi SMK Negeri 2 Banda Aceh dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang religius, kompeten, berkewirausahaan dan berdaya saing global diperlukan adanya upaya dalam membina kerjasama dengan pihak-pihak internasional dalam hal pendidikan dan pelatihan teknologi dan vokasi.

Secara implementatif ikhtiar dalam menjalin kerjasama antar bangsa, SMK Negeri 2 Banda Aceh telah memulai sejak pasca musibah gempa dan tsunami Aceh pada tahun 2004 yaitu dengan kesediaan negara Federasi Jerman melakukan rekonstruksi bangunan fisik SMK Negeri 2 Banda Aceh yang direlokasi ke tempat baru saat ini di Jalan Sultan Malikul Saleh, Lhong Raya, Banda Aceh. Hubungan kerjasama yang erat ini termasuk dalam peningkatan kapasitas guru yang dilatih di pusat-pusat pendidikan vokasi yang berada di Indonesia maupun kunjungan singkat ke Jerman, dan pendidikan bahasa di Goethe Institute.

Hubungan internasional lanjutan yang dilakukan SMK Negeri 2 Banda Aceh juga meliputi keikutsertaan peserta didik dan alumni dalam mengikuti program magang dan melalui ajang World Skill Competition (WSC) di Rio de Jainero, Brasil tahun 2013 dan dua orang siswa mewakili Indonesia di ajang WSC tahun 2022 di Paris, Perancis.

Membangun Kolaborasi Internasional di bidang TVET

Tidak berhenti disini, Manajemen SMK Negeri 2 Banda Aceh dibawah pimpinan  Bapak Baihaqi, S.Pd., M.Pd.,  hari ini menerima lawatan dari Kolej Vokasional Setapak - Kuala Lumpur, Malaysia dalam Program Pengantarabangsaan Indonesia-Malaysia.

Kunjungan yang berkesan ini dihadiri sebanyak 23 orang kontingen dari negeri jiran tersebut yang bertujuan membina silaturahim dan melakukan penandatangan Note of Understanding (NoU) dalam hal Techmology Vocational Education and Training (TVET).

Tuan Haji Azlan bin Saat dalam kapasitasnya sebagai Pengarah Kolej Vokasional Setapak (KVS) berharap banyak bahwa kolaborasi antarabangsa ini dapat meningkatkan dan membangun dunia pendidikan dan latihan teknik vokasional yang saling menjayakan.

Dalam amar sambutannya pada kesempatan lawatan ke SMK Negeri 2 Banda Aceh yang turut dihadiri oleh Pengawas Pembina SMK Negeri 2 Banda Aceh Bapak Samsul Bahri, S.Pd., M.Ed., dan Ketua Komite Bidang Kerjasama SMK Negeri 2 Banda Aceh Bapak Ir. T. Syakur, M.T ini, Tuan Haji Azlan bin Saat memandang ada irisan kesamaan antara SMK Negeri 2 Banda Aceh dibawah pimpinan Bapak Baihaqi, S.Pd., M.Pd dengan lembaga yang dipimpinnya yaitu pendidikan kejuruan teknologi.

Dalam kesempatan ini disepakati secara bersama-sama dalam merancang dan membina serta melaksanakan program pendidikan yang menyumbang bagi pertumbuhan dan perkembangan pengetahuan, kemahiran (keterampilan), dan kepakaran (kompetensi) yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Ruang lingkup atau bidang kerjasama yang disepakati dalam NoU meliputi program keahlian kejuruan yang tedapat di SMK Negeri 2 Banda Aceh seperti Teknik Ketenagalistrikan (Teknologi Elektrik), Teknik Elektronika (Teknologi Elektronik), Teknik Pemesinan (Teknologi Pemesinan Industri), Teknik Otomotif (Teknologi Automotif), Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam (Teknologi Kimpalan), dan Teknik Konstruksi dan Perumahan & Desain Pemodelan Informasi Bangunan (Teknologi Binaan).

Sebagai penutup sambutannya, Kepala SMK Negeri 2 Banda Aceh berkelakar bahwa kesempatan kali ini adalah menerima lawatan dari Kolej Vokasional Setapak dan tidak menutup kemungkinan dimasa dekat ini pihak SMK Negeri 2 Banda Aceh juga akan membina kolaborasi ini lebih dekat nantinya ke Kuala Lumpur.